Facebook Twitter Google+ RSS
Loading...

Faktor Penyebab Timbulnya Kesulitan Belajar




Sebagian besar keterlambatan dalam belajar tidak hanya berkaitan dengan bagian otak tertentu, tetapi karena kesulitan dalam menyalurkan berbagai bagian otak secara bersamaan.
Namun banyak yang menganggap bahwa kesulitan belajar itu disebabkan oleh kerusakan susunan dan fungsi otak. Dan pada kasus – kasus tertentu para ahli meyakini bahwa kerusakan terjadi sebelum sang anak dilahirkan.
Pada masa awal kehamilan, cikal bakal otak terbentuk. Dan berfungsi sebatas mengendalikan fungsi – fungsi kehidupan yang  paling dasar, misalnya bernapas dan mencerna. Ketika sel – sel baru terbentuk, ia bergerak ke tempat lainnya untuk membentuk berbagai struktur otak. Sepanjang masa kehamilan, perkembangan otak ini rentan sekali mengalami gangguan. Dan apabila gangguan ini teradi pada akhir masa kehamilan, maka cacat yang mungkin terjadi adalah berupa  bentuk sel yang tak semestinya, salah lokasi, atau mungkin gangguan hubungan antarsel. Cacat inilah yang diyakini beberapa ilmuwan kelak dapat terwujud dalam bentuk keterlambatan belajar.
 Faktor Genetik
Beberapa wujud kesulitan belajar juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga.
Orang tua yang mengalami kesulitan dalam menulis, atau berbahasa, kemungkinan akan memiliki anak  yang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan gagasan atau idenya .
Pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang
Alkohol yang dikonsumsi dengan kadar tinggi selama kehamilan akan menyebabkan bayi lahir dengan berat yang terlalu ringan, menurunnya tingkat kecerdasan, hiperaktif, atau kecacatan fisik.
Obat-obatan terlarang menyebabkan efek negatif terhadap perkembangan sel reseptor otak. Bagian ini menyampaikan sinyal yang datang dari kulit, mata, dan telinga serta mengatur respon fisik terhadap lingkungan.

Racun di sekitar anak – anak
Kadmium dan timah hitam adalah racun yang ada dan banyak ditemukan di lingkungan sekitar kita.
Kadmium yang digunakan dalam proses pembuatan produk baja, banyak ditemukan dalam tanah dan makanan yang kita makan. Timah hitam banyak terkandung di dalam cat, bahan bakar, dan pipa air.
Racun ini berpotensi menyebabkan kesulitan belajar dan merusak pertumbuhan serta berfungsinya otak seorang anak.


Sumber : Derek Wood dkk.2009.Learning Disorder.Sleman.KATAHATI
                  Sumber lain yang terkait.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP