Facebook Twitter Google+ RSS
Loading...

Manfaat Membaca Karya Sastra

Hai teman - teman semua...

Kalian suka ga, baca karya sastra seperti puisi atau cerpen ? hmmm...jangan dikira baca puisi dan cerpen atau novel ga semenarik maen game lho..
Selain itu, kita juga dapat keuntungan dari membaca karya sastra tersebut..

Mo tau keuntungan baca karya sastra...???
Ini nih, kalian baca dengan seksama, dan rasakan kebenarannya yaaaa...

1. Kita lebih peka dengan lingkungan sekitar. Ga cuek bebek kalo ada teman yang jatuh, atau yang lagi kena musibah. rasa empati kita lebih tajam lho..
2. Lebih bisa bersyukur, menikmati segala ciptaan Tuhan. Biasanya dalam karya sastra tuh, sang penulis selalu menggambarkan setting cerita secara detail. Jadi kita bisa seakan-akan ikut larut di dalamnya.
3. Lebih berbudi, berakhlak. Karya sastra lebih banyak mengedepankan tentang cerita adat istiadat suatu daerah, keluarga ,agama, pergaulan, pendidikan, dan sebagainya. Yang semuanya itu banyak mengangkat tentang akhlak, tingkah laku, dan norma agama, sosial, maupun norma susila.
4.Memberi pengetahuan.  Biasanya ini dapat kita lihat dengan minat dan topik yang dimiliki/diangkat oleh sang penulis. Misalnya, karya sastra yang ditulis oleh orang yang memiliki minat dalam bidang fisika dan sains, maka gaya penulisannya akan cenderung menggunakan keterkaitan fenomena-fenomena alam dan kemudian mengemasnya dalam paltform sastra yang indah.

Sebenarnya masih banyak sih keuntungan ato manfaat dari membaca karya sastra ini....
Tapi aku beranggapan ini semua sudah mewakili kok. 

Yuk, kita berusaha baca karya sastra...pasti lama-lama kau akan mencintainya...




0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP