Facebook Twitter Google+ RSS
Loading...

Bagian Utama Tumbuhan

Tumbuhan adalah makhluk hidup. Ia bisa makan dan minum, barnafas, tumbuh, berkembang biak, serta peka terhadap rangsang. Seperti layaknya manusia dan hewan, tumbuhan juga memiliki anggota tubuh. Bisakah kalian sebutkan anggota tubuh atau bagian – bagian tubuh tumbuhan itu ? 

Yups! Benar! Kalian memang anak yang pintar! Bagian – bagian tubuh tumbuhan itu adalah akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.
Nah, sekarang ada yang tahu apa tugas atau fungsi bagian – bagian tumbuhan itu ?

Di samping adalah gambar tumbuhan lengkap dengan bagian – bagian penting yang berfungsi dalam proses kehidupannya sebagai makhluk hidup. Bagian tumbuhan yang paling bawah adalah akar yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral serta zat hara yang ada di dalam tanah. Selain itu ia juga berfungsi sebagai penopang batang supaya dapat berdiri kokoh. Selanjutnya adalah batang yang berfungsi untuk mengirim makanan dan air ke seluruh bagian – bagian tumbuhan yang lain.

 Daun digunakan tumbuhan untuk mengolah makanannya. Bunga adalah alat perkembang biakan tumbuhan dan sebagai hiasan dirinya supaya terlihat indah dan cantik. Selain bunga, yang berfungsi sebagai alat perkembang biakan adalah biji. Untuk menyimpan cadangan makanannya, tumbuhan menyimpannya di dalam buah

Selain itu buah juga berfungsi untuk melindungi biji. Namun ada beberapa tanaman yang menyimpan cadangan makanannya tidak dalam buah, melainkan juga di dalam akar dan batangnya. Tahukah kalian tanaman apa itu ?

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP