Facebook Twitter Google+ RSS
Loading...

Belajar Bersama Alam





Hari Selasa, tanggal 12 November 2013 merupakan hari yang paling berkesan bagi siswa kelas dua SDN PESAT tahun pelajaran 2013/2014. Hari itu mereka banyak mendapat pelajaran dari alam.
Rasa jijik sudah tidak dirasa ketika tangan – tangan mungil itu berebut masuk ke dalam sebuah baskom yang berisi adonan tanah liat dan garam untuk membuat telur asin. Yang lebih menggelikan lagi, sebelum praktik pembuatan telur asin, instruktur bertanya, “Telur apa ini ?” sambil mengangkat telur berwarna biru kehijauan. Semua siswa menjawab, “Telur asiiiiiiinnn...”
(He..he..he..) Dengan tersenyum geli sang instruktur menjelaskan bahwa telur yang ada dalam genggamannya saat ini adalah telur bebek, semua siswa serempak bersuara “Ooooo...”
Yang lebih menggelikan lagi, ketika tiba – tiba seorang siswi menjerit nyaring dan berlari menjauh ketika harus meraba tekstur jamur tiram yang ada di lokasi pembelajaran. Ketika ditanya mengapa dia menjerit dan menjauh, jawabnya, “Hiiii...geliii..”
Pembelajaran di luar ruangan ini memang sangat mengasyikkan. Terlebih lagi bersentuhan langsung dengan alam. Dari yang jijik menjadi lebih berani menyentuh tanah, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang takut menjadi berani.
Kegiatan flying fox, jembatan berlin, merayap, dan bermain di kolam  seribu mata air merupakan kegiatan yang tak kalah serunya. Melatih siswa untuk lebih berani dan menumbuhkan percaya diri yang sangat luar biasa. Memberi makan ternak dan belajar bercocok tanam juga menumbuhkan kesan tersendiri bagi mereka. Banyak sekali pengalaman yang didapat dari alam. Yuk, belajar bersama alam...

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP